Monday, February 27, 2012

cara instal Linux ubuntu 9.10 Karmic Koala


Installasi Ubuntu 9.10 Karmic Koala


Sebenarnya untuk menginstall Ubuntu di komputer/laptop kita tidaklah sesulit menginstall windows. Kita tinggal mengikuti instruksi yang telah disediakan. Waktu yang diperlukan pun tidak terlalu lama untuk menginstall Ubuntu. Namun bagi pembaca yang masih bingung untuk proses instalasinya, terutama untuk kebutuhan dual OS (Windows & Linux), maka artikel ini dibuat.

Langkah – langkah instalasi Ubuntu 9.10 ini ditulis berdasarkan dari berbagai sumber-sumber yang ada. Dan persyaratan yang diperlukan adalah tentunya komputer dan CD Ubuntu. :D
Anda butuh Ubuntu 9.10 Desktop ISO image yang sesuai dengan arsitektur komputer Anda (i386 atau amd64), dan bisa didownload melalui situs resminya disini. Bila download Anda sudah selesai, bakar ISO image tersebut dengan aplikasi CD/DVD burning seperti Nero atau yang lainnya. Untuk mendapatkan CD Ubuntu gratis dari Ubuntu.com bisa anda lihat caranya pada tutorial berikut.
Mari kita mulai, yang pertama, Masukkan CD/DVD Ubuntu dan pastikan komputer/laptop anda berada pada posisi booting CD/DVD. Proses booting akan secara otomatis mengarah pada CD Ubuntu kita.
Pilih bahasa yang Anda inginkan…

Langkah yang kedua “Install Ubuntu” dan tekan tombol “enter”…

Tunggu sampai CD dimuat / loading….

Anda akan melihat wallpaper untuk beberapa saat. Ketika installer muncul, Anda akan bisa memilih bahasa yang Anda inginkan untuk keseluruhan proses instalasi. Klik tombol “Forward” untuk melanjutkan…

Lokasi Anda?

Layar kedua akan menampilkan peta dunia. Disini kita akan mengatur waktu dari sistem komputer dan lokasi dimana kita berada. Anda juga dapat memilih lokasi menggunakan drop down list yang terletak pada bagian bawah layar. Klik tombol “Forward” setelah Anda memilih lokasi yang diinginkan…

Test keyboard Anda

Pada layar ketiga, Anda bisa memilih layout keyboard yang Anda inginkan. Namun layout default biasanya adalah yang sering digunakan. Klik tombol “Forward” jika konfigurasi keyboard telah selesai Anda tentukan.

Partisi Hard Disk

Ada empat pilihan:
1. Jika komputer Anda sudah ada os lain (misalnya Windows XP) dan Anda menginginkan sistem dual boot, pilih opsi pertama: “Install them side by side, choosing between them at each startup”.

Catatan: Opsi ini hanya akan muncul apabila Anda memiliki operating system lain di komputer Anda, seperti Microsoft Windows.
2. Jika Anda ingin menghapus operating system yang ada, atau hard drive sudah kosong dan Anda ingin installer secara otomatis melakukan partisi hard drive, pilihlah opsi kedua, “Use the entire disk”.

Siapa Anda?

Pada layar ini, Anda harus memasukkan data yang benar sesuai pertanyaannya. Isilah kolom yang tersedia dengan nama asli Anda, nama yang Anda inginkan untuk login pada OS Ubuntu (yang disebut juga dengan “username” yang dibutuhkan untuk login pada system), password dan nama komputer (secara otomatis sudah tertulis, namun bisa Anda ganti).
Pada tahapan ini, ada opsi yang disebut “Log in automatically”. Jika kotak pilihan ini Anda centang, maka Anda akan login secara otomatis pada Ubuntu Desktop. Klik tombol “Forward” untuk melanjutkan…

Anda sudah yakin untuk menginstall Ubuntu? Kalau sudah klik tombol “Install”, maka proses akan berjalan.

Proses instalasi …..

Jika proses install selesai, akan muncul pemberitahuan

CD akan dikeluarkan dari CD ROM, lalu tekan tombol “Enter” untuk reboot. Komputer akan direset, dalam beberapa saat Anda akan melihat Ubuntu boot splash dan Xsplash…


Pada layar login, klik pada username Anda dan masukkan passwordnya. Klik Log in atau tombol enter…

Selamat menjelajahi Ubuntu Anda…:D

sumber : softpedia.com

baca juga cara install windows xp dengan flash disk disini.

No comments:

Post a Comment