Thursday, March 1, 2012

Ciri-ciri Penyakit Paru-paru

Penyakit Paru-Paru Basah

Paru-paru basah adalah suatu peradangan yang terjadi pada paru-paru, biasanya akibat kontaminasi. Tiga penyebab umum adalah bakteri, virus dan jamur. Anda juga bisa mendapatkan Paru-paru basah secara tidak sengaja dengan menghirup cairan atau bahan kimia. Kebanyakan orang memiliki peningkatan risikopada usia lebih dari 65 tahun atau anak dibawah 2 tahun, atau bila memiliki kondisi kesehatan yang buruk.
Jika Anda memiliki radang paru-paru, Anda bisa mengalami kesulitan bernapas, mungkin juga akan mengalami batuk dan demam. Pemeriksaan fisik dan riwayat sakit mungkin membantu menentukan apakah Anda telah terkena Paru-paru basah. Rontgen dada dan tes darah mungkin membantu mengetahui apa ada kelainan. Pengobatan tergantung pada apa yang membuat Anda sakit. Jika penyebabnya adalah bakteri, mungkin antibiotik dapat membantu. Radang paru-paru mungkin menjadi lebih baik dengan istirahat dan minum cairan.
Mencegah Paru-paru basah adalah jauh lebih baik daripada mengobati. Langkah-langkah keamanan terbaik meliputi mencuci tangan Anda sering, tidak merokok, dan mengenakan masker saat membersihkan daerah yang berdebu atau berjamur.

Gejala Paru-paru basah
Para tanda-tanda Paru-paru basah bisa bervariasi dari ringan sampai berat, sesuai dengan faktor-faktor risiko Anda dan bentuk Paru-paru basah Anda. Gejala yang umum adalah gejala yang sama disebabkan oleh pilek atau mungkin flu.
Ciri-ciri penyakit paru-paru basah adalah :
Batuk
Demam
Membawa lendir setelah Anda batuk
Kesulitan bernapas
Panas dingin
Masalah jantung

Risiko Paru-paru basah
Siapapun bisa mendapatkan Paru-paru basah, tetapi lebih mungkin untuk mengembangkan dalam seseorang yang sudah memiliki mekanisme pertahanan yang lemah dan tidak bisa melawan klamidia.

Orang yang memiliki lebih banyak risiko Paru-paru basah adalah :
Bayi dan anak-anak
Orang yang 65 tahun dan lebih tua
Orang yang memiliki pertahanan lemah natural sebagai akibat dari penyakit (termasuk HIV ) atau minum berlebihan
Orang yang bekerja di konstruksi atau pertanian
Orang yang merokok
Dokter akan mendiagnosis Paru-paru basah tergantung pada riwayat serta berasal dari ujian fisik yang telah dilkukan. Dokter mungkin juga melakukan beberapa tes, seperti sinar-X dada atau tes darah.

Pengobatan Paru-paru basah
Pengobatan tergantung pada jenis Paru-paru basah Anda, seberapa parah gejala-gejala anda, bagaimana kesehatan Anda secara keseluruhan, juga usia Anda.
Untuk Paru-paru basah bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Gejala utama mungkin  hanya dalam beberapa hari, meskipun batuk membutuhkan beberapa minggu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter Anda dengan hati-hati. Mengambil setiap salah satu obat antibiotik yang diresepkan dokter.
Bila Anda memiliki radang paru-paru, dokter Anda mungkin akan berbicara kepada anda tentang metode untuk mengobati gejala. Over-the-counter (OTC) obat-obatan tersedia untuk menurunkan demam, meredakan nyeri dan kemudahan batuk anda. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan pereda batuk.
Jika Anda memiliki semacam Paru-paru basah, sangat penting untuk mendapatkan banyak tidur dan minum banyak cairan.

Komplikasi Paru-paru basah
Kasus yang parah mungkin memerlukan pengobatan Paru-paru basah di rumah sakit. Dokter mungkin akan memberikan oksigen untuk membantu Anda bernapas atau memberikan antibiotik melalui infus.
Komplikasi Paru-paru basah meliputi efusi pleura dan bakteri di dalam aliran darah. Efusi pleura adalah ketika cairan menumpuk di lapisan jaringan yang berkaitan dengan paru-paru serta dinding dada dan menjadi terinfeksi. Ini bisa membuat sangat sulit bernapas. Untuk mengosongkan cairan, tabung mungkin perlu untuk pergi berhubungan dengan paru-paru bersama dengan dinding dada Anda, atau Anda mungkin perlu operasi.
Bakteri dalam aliran darah terjadi jika infeksi Paru-paru basah pada paru-paru Anda menyebar untuk darah Anda. Hal ini meningkatkan risiko bagaimana infeksi akan menyebar ke organ lain di dalam tubuh Anda. Bakteri di dalam aliran darah dapat diobati dengan antibiotik.
Individu yang memiliki masalah jantung atau paru-paru, perokok, dan orang-orang yang berumur 65 tahun atau lebih tua mungkin mengalami komplikasi akibat Paru-paru basah.

Cara mencegah Paru-paru basah
Anda dapat membantu meringankan masalah dengan Paru-paru basah dengan melakukan hal berikut:
Mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya.
Paru-paru basah sering berkembang setelah seseorang terkena flu. Dengan mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya, Anda menurunkan kesempatan Anda baik flu dan Paru-paru basah.
Vaksin pneumokokus
Ini direkomendasikan, bahwa kebanyakan anak muda dari 2 tahun dan orang tua berusia diatas 65 tahun mendapatkan vaksinasi untuk Paru-paru basah ini. (Vaksin untuk anak-anak sebenarnya disebut vaksin konjugasi pneumokokus) Vaksin ini juga dapat cocok untuk orang mencakup berbagai usia yang memiliki kondisi termasuk yang berikut:
Jantung kronis penyakit (misalnya untuk masalah jantung)
Kronis paru-paru bermasalah (termasuk emfisema)
Diabetes
Defisiensi kekebalan tubuh penyakit (termasuk HIV dan anemia sel sabit)
Vaksin pneumokokus tidak mencegah semua jenis Paru-paru basah. Namun, studi menunjukkan bahwa hal itu dapat melindungi Anda dari salah satu bentuk yang paling serius dari infeksi bakteri Paru-paru basah. Efek samping dengan vaksin biasanya ringan.
Cuci tangan Anda sesering mungkin
Mencuci tangan adalah membunuh kuman yang dapat memungkinkan Anda untuk sakit, termasuk kuman yang menciptakan Paru-paru basah. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar kecil.

Jangan merokok
Merokok merusak paru-paru dan menyebabkan penyakit paru-paru, lebih sulit untuk sistem di tubuh anda untuk menjaga diri dari kuman dan penyakit ini. Jika Anda merokok, berbicara dengan dokter keluarga Anda agar dapat berhenti secepatnya.
Membuat pilihan yang sehat
Tubuh adalah cara yang lebih baik mampu melindungi terhadap infeksi ketika Anda makan makanan yang sehat dan aktif secara fisik/ berolahraga setiap hari.


sumber : keberhaslan.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment